Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan literasi numerasi siswa setelah diterapkan model pembelajaran gallery walk berbantuan media visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental designs berupa the one-grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Langsa tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah masing-masing adalah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dan sampelnya adalah siswa kelas VII-2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes yang berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian pada uji paired sample t-test diperoleh df = 22 dengan nilai ttabel = 2,0739 dan thitung = 26,993 maka diperoleh hasil thitung > ttabel = 26,993 > 2,0739 dengan taraf signifikansi α = 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Langsa setelah diterapkan model pembelajaran gallery walk berbantuan media visual. Peneliti mengharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi guru dalam menggunakan model pembelajaran gallery walk berbantuan media visual untuk meningkatkan literasi numerasi siswa.
References
Kemendikbudristek. (2023). Pisa 2022 dan pemulihan pembelajaran di indonesia.
Lestari, Karunia, E., and Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT REFIKA ADITAMA.
Maulidar, & Suryawati, I. (2024). Penerapan Model PBL Berbantuan Media Ultamerasi Untuk meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(1), 303–314.
Nasional, D. P. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa.
Nuryadi, Tutut, D. A., Endang, S.U., dan Buadiantara, N. 2017 Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Nopriyanti, T. D. (2017). Penggunaan Geogebra dalam Statistika di Era Digital. November.
Ode, A. S. (2015). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran MAtematika dan Manfaatnya. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–79.
Prihatmojo, A., & Rohmani. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran (Who Am I). Universitas Muhammadiyah Kotabumi.
Putra, A. L., Kasdi, A., & Subroto, W. T. (2019). Pengaruh Media Google Earth Terhadap Hasil Belajara Berdasarkan Keaktifan Siswa Kelas IV Tema Indahnya Negeriku Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3).
Septiyati, N., Kusumawati, R., & Kurniati, L. (2019). Penerapan Metode Gallery Walk terhadap Berpikir Kreatif dan. Journal of Mathematics Education, 1(2), 117–125. http://dx.doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4100
Siregar, N. (2023). Penerapan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Kemampuan komunikasi Matematika siswa pada Materi Persegi Panjang Kelas VII di MTs S Ittihadiyah Aek Korsik. Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Dicky, Savitri Sihombing, Marianna Magdalena Radjawane, A. K. W. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi.