Analisis Pemahaman Konsep Barisan Dan Deret Aritmatika Berdasarkan Gaya Belajar Ditinjau Dari Taksonomi SOLO
Abstract
Pemahaman terhadap konsep matematika berperan sebagai landasan esensial dalam proses pembelajaran, khususnya dalam topik barisan dan deret aritmetika yang menuntut penguasaan terhadap pola serta hubungan antar konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat penguasaan metode barisan dan deret aritmetika siswa berdasarkan preferensi gaya belajar mereka, ditinjau melalui kerangka taksonomi SOLO. Pendekatan studi yang dipakai adalah deskriptif kualitatif, dengan 6 peserta didik kelas 8 dari SMP Negeri 2 Gambiran yang dipilih mewakili tiga tipe gaya belajar: visual, auditori, dan kinestetik. Instrumen yang digunakan mencakup angket identifikasi gaya belajar, tes matematika, lembar observasi, serta panduan wawancara. Temuan penelitian mengungkapkan adanya perbedaan tingkat pemahaman konsep barisan dan deret aritmetika pada siswa, sesuai dengan karakteristik gaya belajar masing-masing, yang diklasifikasikan ke dalam 5 jenjang taksonomi SOLO: prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract. Hasil ini menunjukkan bahwa penguasaan materi barisan dan deret aritmetika dapat ditingkatkan secara signifikan dengan megimplementasikan strategi pembelajaran yang selaras dengan gaya belajar individual siswa, sebagaimana dikaji melalui pendekatan taksonomi SOLO
References
Agustina, Lady, & Firdausi, H. P. E. (2024). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Pemahaman Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Berdasarkan Teori Mason. Sigma, 9(2), 129–134.
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.
Anwar, H. (2017). Hasil Belajar Barisan dan Deret Aritmatika Melalui Pembelajaran Skrip Kooperatif. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 3(2,), 113–122.
Azizah, N. A., & Widyartono, D. (2024). Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik: Temuan Dari Siswa Kelas VII. Journal of Language, Literature, and Arts, 4(11), 1117–1123.
Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168–174.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32.
Fuad, A. Z. (2014). Taksonomi Transenden (Paradigma Baru Tujuan Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–25.
Latifah, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68–75.
Lestari, E., Wargani, S. K., & Silaban, F. A. (2023). Analisis Kemampuan Visual-Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMK Yadika 8 Jati Mulya. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(4), 150–162.
Naifio, E. R. M., Fitriani, & Siahaan, M. M. L. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Solo (Structure Of Observed Learning Outcomes) pada Materi Perbandingan. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 67–78.
Purwanto, E., Nuriyani, F. E., & Fauziah, N. F. (2022). Analisis Level Penalaran Mahasiswa Berdasarkan Taksonomi Solo. Journal of System and Computer Engineering (JSCE), 2(1), 86–95.
Rosmi, F., & Nurmalia, L. (2024). Analisis Gaya Belajar Auditori Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas III SDN Bojongsari 04. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2781–2790.
Rustamana, A., Rohmah, N., Natasya, P. F., & Raihan, R. (2024). Konsep Proposal Penelitian Dengan Jenis Penelitian Kualitatif Pendekatan Deskriptif. Sindoro Cendekia Pendidikan, 5(5), 1–10.
Setiawan, A., Inganah, S., & Ummah, S. K. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Penyelesaian Soal Pisa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 43–48.
Supit, D., Melianti, Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003.
Sutomo, W. A. B., & Sutirna. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO ( Structure of Observed Learning Outcomes ) Pada Soal Materi Himpunan di SMP N 2 Karawang Barat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika 2019), January 2019, 1203–1208.
Telaumbanua, E. D. P., & Harefa, A. R. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 691–697.
Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 84–104.
Yanti, E. D., Suryaningrum, C. W., & Agustina, Lady. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Segitiga Menurut Teori Bruner Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Pedagogy, 9(2), 193–206.