Efektivitas Model PBL Berbantuan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 2 Labuapi

  • Dinda Putri Arisma Universitas Mataram
  • Muhammad Turmuzi Universitas Mataram
  • Ulfa Lu'luilmaknun Universitas Mataram
  • Sri Subarinah Universitas Mataram
Keywords: Model PBL, E-LKPD, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL berbantuan e-LKPD terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Labuapi Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan posttest only non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Labuapi dan sampelnya adalah peserta didik kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes hasil belajar peserta didik (posttest) pada materi persamaan garis lurus yang sebelumnya sudah divalidasi oleh validator ahli sehingga dinyatakan valid untuk digunakan. Berdasarkan hasil analisis data tes hasil belajar matematika peserta didik, diperoleh rata-rata skor kelas eksperimen sebesar  dengan skor tertinggi  dan rata-rata skor kelas kontrol sebesar  dengan skor tertinggi . Berdasarkan hasil uji-t diperoleh skor  dan , karena skor  maka  ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan e-LKPD efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Labuapi tahun ajaran 2024/2025.

References

Alfianistiawati, R., Istifayza, N., Prakris, M. A., Fitri, F. K., & Apriyadi, D. W. (2022). Implementasi quizwhizzer sebagai media belajar digital dalam pembelajaran Sosiologi kelas X dan XI SMAN 8 Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(7), 698–706. https://doi.org/10.17977/um063v2i7p698-706
Arnidha, Y., Yunaini, N., & Tantri, A. A. D. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Lkpd Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 194–203.
Asiah, R., Hamidah, D. N., & Rahmawati, I. (2024). Model Pembelajaran PBL Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 1 Pesu. 2(3), 981–985.
Binasti, A., Arjudin, Junaidi, & Sridana, N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research. https://doi.org/10.51574/kognitif.v3i2.955
Cahya, E. A. A., Turmuzi, M., Wulandari, N. P., & Sarjana, K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mifrosoft Powerpoint dan Kahoot untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI SMK. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 1183–1197.
Cockcroft, W. . (1982). Mathematics Counts. Commercial Colour Press.
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences. New York: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.
Febianti, D., Yantoro, & Pamela, I. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. 16(02).
Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Conference of Elementary Studies, 140–149.
Gayatri, N. G. (2022). Pentingnya Filsafat dalam Matematika Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika.
Haetami, H. Al, Hikmah, N., Junaidi, & Sarjana, K. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMPN 1 Aikmel Tahun Pelajaran 2022 / 2023. 6, 571–584.
Muna, A. H. I., & Darsono. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Kelas X (Tantangan Dan Harapan Pada Penerapan Kurikulum Merdeka). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 1117–1124. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3831
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Sari, S. N., & Kuntari, S. (2025). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X-6 SMA Negeri 1 Padarincang. Sulawesi Tenggara Educational Journal.
Savitri, N. M. T., Baidowi, & Suntoko, M. I. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mandalika Mathematics and Education Journal, 6, 107–118. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.248
Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.
Subekti, E. E. (2012). Menumbuh kembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v1i1.62
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.
Ummi, A., Dewi, A. S., Rahmawati, A., & Wahidayani, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Nusantara Education, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.57176/jn.v3i1.72
Wardana, J. W., Sugiyanti, Ariyanto, L., & Purwanto. (2024). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teachingberbantuan E-Lkpd Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4955–4965.
Zafitri, P., Arjudin, Primajati, G., & Sripatmi. (2025). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Digital Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Materi Grafik PLDV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10.
Published
2025-06-05
Section
Articles