ChatGPT sebagai Asisten Pemrograman: Studi Deskriptif pada Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran MATLAB
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa pendidikan matematika dalam menggunakan ChatGPT sebagai alat bantu dalam menyusun program MATLAB pada pembelajaran Komputer Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan empat mahasiswa yang bekerja dalam dua kelompok kecil. Data dikumpulkan melalui lembar aktivitas yang berisi tugas membuat tiga program MATLAB dengan bantuan ChatGPT dan pertanyaan refleksi tentang pemahaman, tantangan, dan kepercayaan diri mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT membantu mahasiswa memahami struktur program, mempercepat proses penulisan kode, dan meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pemrograman. Mahasiswa juga menyadari bahwa tidak semua jawaban dari ChatGPT langsung sesuai, sehingga perlu tetap berpikir kritis dan memeriksa kembali setiap kode. Secara umum, ChatGPT dinilai bermanfaat dalam proses belajar pemrograman, terutama jika digunakan bersama pemahaman konsep yang baik. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan lebih banyak peserta dan menerapkan ChatGPT pada topik matematika lain.
References
Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. (2019). Pengaruh software MATLAB terhadap kemampuan menyelesaikan masalah program linier. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 175. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.175-182
Baist, A., & Pamungkas, A. S. (2017). Analysis of Student Difficulties in Computer Programming. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 81. https://doi.org/10.30870/volt.v2i2.2211
Dantas, C., Rocha, A., & Maia, M. (2023). Assessing the Readability of ChatGPT Code Snippet Recommendations: A Comparative Study. Proceedings of the XXXVII Brazilian Symposium on Software Engineering, 283–292. https://doi.org/10.1145/3613372.3613413
Gaol, M. L., & Manalu, T. (2024). Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran: Persepsi Mahasiswa. In Search, 22(1), 254–259. https://doi.org/10.37278/insearch.v22i1.821
Liu, Y., Le-Cong, T., Widyasari, R., Tantithamthavorn, C., Li, L., Le, X.-B. D., & Lo, D. (2024). Refining ChatGPT-Generated Code: Characterizing and Mitigating Code Quality Issues. ACM Transactions on Software Engineering and Methodology, 33(5), 1–26. https://doi.org/10.1145/3643674
Maulana, M. J., Darmawan, C., & Rahmat, R. (2023). Penggunaan ChatGPT dalam tinjauan pendidikan berdasarkan perspektif etika akademik. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 58–66. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21090
Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25. https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1069
Sidin, U. S. (2016). Penerapan strategi scaffolding pada pembelajaran pemrograman web di SMK kartika wirabuana 1. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2274
Siskawati, F. S., & Nurdin, E. (2021). Peran Scaffolding pada Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Kepustakaan. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 305. https://doi.org/10.24014/juring.v4i3.13840
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Suharti, S., Nur, F., Mattoliang, L. A., Sulasteri, S., Angriani, A. D., Sriyanti, A., Abrar, A. I. P., & Khusnah, N. (2023). Evaluasi Penggunaan Bahan Ajar Matlab untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika Mahasiswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 129. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.21153
Suwanto, S., Siagian, M. D., Purba, B. P., Siahaan, C. K. M. S., Tambunan, C., Amanda, D., & Perangin-angin, T. D. (2025). Analisis computational thinking pada pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan algoritma pemrograman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(1). https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2648
Yilmaz, R., & Karaoglan Yilmaz, F. G. (2023). Augmented intelligence in programming learning: Examining student views on the use of ChatGPT for programming learning. Computers in Human Behavior: Artificial Humans, 1(2), 100005. https://doi.org/10.1016/j.chbah.2023.100005