Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Teori Newman

  • Loedya Prayogi UIN Raden Intan Lampung
  • Aisya Anggraini
  • Atmi Mustika Rani
  • Rosida Rakhmawati Muhammad
  • Netriwati
Keywords: Kesalahan, Soal Cerita, Teorema Pythagoras, Teori Newman

Abstract

Kesalahan adalah sebuah bentuk deviasi dari suatu yang sudah ditetapkan dan disepakati sebagai aturan atau standar yang baku. Kesalahan yang dialami peserta didik ketika pengerjaan soal perlu dipahami agar menemukan solusi yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memaparkan kesalahan yang terjadi dalam menyelesaikan soal berbasis cerita pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian melibatkan peserta didik kelas VIII SMP PGRI 2 Bandar Lampung sebanyak 3 orang yang dipilih dengan metode purposive sampling dimana diidentifikasi melakukan kesalahan dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan wawancara. Instrumen tes menggunakan 3 butir soal dimana soal tersebut telah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, sedangkan instrumen wawancara menggunakan 5 butir pertanyaan berdasarkan teori Newman. Hasil analisis data menunjukkan adanya beberapa jenis kesalahan yang dilakukan yaitu (1) Kesalahan memahami masalah (Comprehension Errors), (2) Kesalahan transformasi (Transformation Errors), (3) Kesalahan dalam proses perhitungan (Process Skill Errors) dan (4) Kesalahan penulisan jawaban (Encoding Errors).

References

Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa’, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.

Aprilianti, I., Lestariningsih, L., & Lutfianto, M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 9(2), 9–17. https://doi.org/10.51836/je.v9i2.622

Astuti, S. W., Setyawati, A., & Ayuwanti3, I. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–82.

Ayuwirdayana, C. (2019). Soal Cerita Matematika Berdasarkan PROSEDUR NEWMAN DI MTsN 4 BANDA ACEH. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di MTsN 4 Banda Aceh.

Bete, M. E., Amsikan, S., & Simarmata, J. E. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Pokok Pembahasan Teorema Pythagoras. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(3), 247–255.

Ismunandar, D., & Nurafifah, L. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Bab Tree dan Spanning Tree Berdasarkan Prosedur Newman. Jmpm, 6(1), 1–14.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Klarita, E. N., & Syafiah, R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi da Numerasi dalam Menyelesaikan Soal AKM Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 262–267.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Rehalat, A., & Nurul ’ainy, Z. (2023). Analisis Keterampilan Bertanya Guru Ekonomi Pada Kelas VII Di SMP Kartika Ambon. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 37–44. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).12404

Rian, Ellissi, W., & Bin Frans Resi, B. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas Viii. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 6(2), 73–85. https://doi.org/10.38114/s8nvrf44

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Siskawati, E., Zaenuri, & Wardono. (2021). Analysis of students’ error in solving math problem-solving problem based on Newman Error Analysis (NEA). Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042108

Velria Jun, Sri Hariyani, & Tatik Retno Murniasih. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Cerita Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Newman. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 139–152. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3722
Published
2025-08-04