Trend dan Efektivitas Model Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Matematika: Kajian Literatur

  • Azril Saputra Biga Universitas Negeri Gorontalo
  • Evi Hulukati universitas negeri gorontalo
  • Putri Ekawaty Kobandaha universitas negeri gorontalo
Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Pembelajaran Matematika, Systematic Literature Review

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian sistematis terhadap 25 artikel ilmiah yang membahas penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ren publikasi, jenjang pendidikan yang menjadi sasaran, serta efektivitas model TGT dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan tahapan identifikasi, penyaringan, dan analisis artikel yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2016-2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa trend publikasi meningkat sejak 2018, dengan puncak pada tahun 2024. Jenjang pendidikan yang paling dominan adalah SMP/MTs. Model TGT terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar, keaktifan, minat dan motivasi belajar, serta aspek lainnya seperti komunikasi matematika, kolaborasi, pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Meskipun demikian, terdapat satu artikel yang mengulas hambatan implementasi model TGT. Temuan ini mengindikasikan bahwa aspek tantang masih belum banyak dibahas, sehingga menjadi peluang untuk penelitian selanjutnya. Secara keseluruhan, model TGT dapat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran kooperatif yang menyenangkan dan efektif dalam pembelajaran matematika, terutama di jenjang pendidikan menengah pertama.

References

Adriansyah, A., Wicaksa, A., Hesfie, F. F., & Dwitama, A. R. (2019). (Online Journal System). 1(2), 120–127.
Agustin, S., Intan Sistyawati Universitas Sjakhyakirti, R., & Sultan Mansyur Kb Gede, J. M. (2024). Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Materi Logaritma Smk. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 15–27. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/SM/article/view/1773
Aguvia, R. D., & Sayekti, I. C. (2024). Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Fondatia, 8(2), 339–353. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4744
Aisyah, Danial, M., & Amin, F. (2024). ©JP-3 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran ©Aisyah Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Aisyah; Muhammad Danial; Faridata Amin. 6(2), 1404–1410.
Andrijanto, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Tenis Meja. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 243–250. https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.465
Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). MINDSET AWAL SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG SULIT DAN MENAKUTKAN. Journal Elementary Education, 1(2), 28–40. https://doi.org/10.4324/9780203457306-42
Armadani, N., Wijayanti, R. . R., & Aini, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Model TGT (Teams Games Tournament) dan Media E-Komika ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4533–4539. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2747
Aulia, N. I., & Handayani, H. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Mellaui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt). JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 116. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i3.1475
Dalimunthe, S. I., Syafitri, E., & Syahlan, S. (2024). Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 10(1), 43–49. https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5510
Harahap, S. S., Simangunsong, I. P., Zhafira, D., & Simangunsong, I. T. (2024). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Prosiding MAHASENDIKA III Tahun, 2829–7679, 192–202.
Hartanto, H., & Mediatati, N. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3224–3252. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2928
Herwandi. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 1(2), 91–98. https://doi.org/10.62388/prisma.v1i2.390
I Dewa Putu Juwana, Muhammad, R. A. R., & I Made, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII E di SMPN 14 Denpasar. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 13(1), 13–22. https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3432
Kasim, R. R., Badu, S. Q., & Yahya, L. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 3(1), 19–26. https://doi.org/10.55657/rmns.v3i1.155
Mahayasa, I. D. M. (2023). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 85–92. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60888
Maloring, B. D. C., Sandu, A., Soesanto, R. H., & Seleky, J. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Matematika [Implementation of the Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament To Improve Students’ Learning Activities in Mathematics]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 282. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.2441
Nabila, N., & Ade, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bilangan Bulat. JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika, Vol 3(2774–1729), Hal 19.
Pesik, A., Kumesan, S., & Manado, U. N. (2025). MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 3. 8(1), 104–110.
Pratama, R. Y., Supiyati, S., Hirzi, R. H., & Nazri, M. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Teams Games Tournament Berbantuan LKPD Berbasis Budaya Sasak. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(2), 143–156. https://doi.org/10.29303/griya.v4i2.445
Putri, T. N., Arini, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2023). Model Pembelajaran Team Games Tournament Bermediakan Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 140–147. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44977
Ramadhana, R., Hadi, A., & Scolastika, M. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. JURNAL E-DuMath, 11(1), 33–39.
Sausan, S., & Ananda, R. (2022). Penerapan Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama PTMT. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 211. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13029
Sihombing, M. D. (2018). Efektivitas Penggunaan Model TGT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMP Negeri 4 Sibolga. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 60–64. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/394/296
Suardin, S., & Andriani, W. O. L. (2021). Studi Komparatif Model Problem Solving Dengan Model Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 227–234. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.289
Syahputra, A., Usman, Hasbi, M., & Maidiyah, E. (2025). HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF. 8(1), 122–131.
Teladaningsih, O., Mawardi, M., & Huliana, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik Kelas 4 Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1530
Umami, F., Putri Rahayu, A., Ibnu Rusyd Tanah Grogot, S., Timur-Indonesia, K., Ma, S., & Magetan, A. (2023). the Application of the Team Game Tournament (Tgt) Learning Model in Increasing Student Interest in Learning. International Conference on Education Society and Humanity, 01(01), 2023.
Widi Wardani, K., Studi PGSD, P., & Kristen Satya Wacana, U. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 Sd N Gendongan 03 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt ). Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 46–52.
Wiranti, A. A. (2019). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Siswa Kelas 5. Maju, 6(1), 72–79. https://www.neliti.com/publications/504401/peningkatan-proses-dan-hasil-belajar-matematika-melalui-model-pembelajaran-teams
Published
2025-07-23