Pendekatan Prosedur Newman dalam Menganalisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Relasi dan Fungsi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam memahami konsep matematis pada materi relasi dan fungsi berdasarkan pendekatan Prosedur Newman. Penelitian dilakukan di SMP Widya Nusantara dengan subjek tiga siswa kelas VIII yang dipilih berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 5 soal tes uraian materi relasi dan fungsi berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis serta wawancara tak terstruktur untuk memperkuat hasil temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mengalami kesulitan pada tahap comprehension. Siswa dengan kemampuan sedang mengalami kesulitan pada tahap reading, encoding, dan comprehension, sedangkan siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan yang lebih kompleks, yaitu pada tahap comprehension, encoding, process skills, dan transformation. Tahap comprehension merupakan kesulitan yang paling dominan dialami oleh seluruh kategori siswa, dengan indikator soal memberikan pernyataan yang tepat dan tidak tepat berdasarkan konsep. Temuan ini menekankan pentingnya penguatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika.
References
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aritonang, T. D., & Pujiastuti, H. (2023). SLR: Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri berdasarkan Teori Newman. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 83-93. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.544
Fitri, A., & Abadi, A. M. (2021). Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Peluang. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 96-105. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17004
Fitri, A., Agustina, L., & Septiani, E. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dalam Materi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 281 Jakarta. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9(80), 205–212.
Halawa, J. S., & Heksa, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep pada Materi Relasi dan Fungsi. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 11-18. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.369
Hayati, S. I., & Marlina, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar di SMP IT Nurul Huda Batujaya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 827–834. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.827-834
Hidayati, D. N., Sulistyani, N., & Pantiwati, Y. (2023). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Matematika HOTS berdasarkan Teori Newman pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Profesi Guru (JPPG), 4(1), 10–19. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12448
Himawan, C., Fitriyani, E., & Wijaya, D. (2025). Pindai: Matematika. Depok: CV Arya Duta.
Hutagaol, S. P., Rejeki, A. S., Yopita, Y., & Andau, V. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Relasi dan Fungsi. J-PiMat, 4(1), 491-498.
Kania, N., Kusumah, Y. S., Dahlan, J. A., Nurlaelah, E., & Kyaruzi, F. (2024). Decoding Student Struggles in Geometry: Newman Error Analysis of Higher Order Thinking Skills. International Journal of Geometry Research and Inventions in Education (Gradient), 1(1), 31-47. https://doi.org/10.56855/gradient.v1i01.1146
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Lombasari, B. N., Subarinah, S., Azmi, S., & Kurniati, N. (2022). Analisis Kesulitan dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Matematika dan Bentuk Scaffolding yang diberikan pada Peserta Didik Kelas X SMA Al Maarif NU Sinah Pengembur Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 2007-2017. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.876
Maharani, D., & Ramlah, R. (2021). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 287-294. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p
Nada, N. Q., & Erita, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Bentuk Aljabar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 132–148. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.303
Ndruru, M. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ulususua pada Materi Koordinat Kartesius. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 113-126.
Nufus, H., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Kelas VII MTS. Jurnal Cendekia, 6(2), 1810-1817. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1245
Nurikawai, D., Sagita, L., & Setiyani, S. (2021). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar dengan Prosedur Newman. Journal of Honai Math, 4(1), 49-66. https://doi.org/10.30862/jhm.v4i1.157
Ramadoni & Shakinah, N. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Metode Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 147-158.
Saputri, V., & Kamsurya, R. (2021). The Newman Procedure for Analyzing Students' Errors in Solving Systems of Linear Equations. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 31-44. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol6no1.2021pp31-44
Sari, L., & Rahman Munandar, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Didactical Mathematics, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R., & Parani, C. E. (2023). Analyzing Students’ Errors in Solving Trigonometric Problems using Newman’s Procedure based on Students’ Cognitive Style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 135-144
Susilawati, B. N., Sridana, N., Novitasari, D., & Subarinah, S. (2023). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2256-2263. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1759
Tohir, M., As’ari, A. R., Anam, A. C., & Taufiq, I. (2022). Matematika. Jakarta: Kemdikbudristek.
Zulyanty, M., & Mardia, A. (2022). Do Students' Errors Still Occur in Mathematical Word Problem-Solving?: A Newman Error Analysis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 343-353. https://doi.org/10.24042/ajpm.v13i2.13519