Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP

  • Armi Pratiwi Universitas Mataram
  • Sripatmi Sripatmi Universitas Mataram
  • Syahrul Azmi Universitas Mataram
Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuripan pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuripan tahun ajaran 2024/2025. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling, yang menghasilkan siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model problem based learning, sedangkan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian meliputi modul ajar, lembar observasi, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai t_hitung = 2,133 > t_tabel = 2,004 sehingga  ditolak dan  diterima. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, di mana rata-rata nilai posttest kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen sebesar 71,875 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata sebesar 63,966, dengan pengaruh yang diberikan berada pada kategori sedang berdasarkan hasil uji effect size sebesar d = 0,575 . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuripan tahun ajaran 2024/2025.

References

Adrillian, H., & Munahefi, D. N. (2024). Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 7, 57-65.

Arends, R. (2012). Learning to Teach, Ninth Edition. New York: McGrawHill Education.

Baidowi, Wahidaturrahmi, Kertiyani, N. M. I., & Wulandari, N. P. (2024). Statistika Dasar Teori dan Praktik. Mataram: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Khoirunnisya, R., Yurike, I. G., Susanti, E., Sari, N., & Putri, R. I. I. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi SPLDV. Journal of Mathematics Education and Applied, 4(1), 01-13

Kotrunada, E., & Haerudin. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomedika), 980–985.

Kusumawardani, N. N., Rusijono, & Dewi, U. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(2), 1416–1427.

Layliyyah, R., Wisudaningsih, E. T., & Rahayu, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Pembelajaran dan Konseling, 4(4), 345–351.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Maulidina, A., Effendi, A., & Sunaryo, Y. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Proceeding Galuh Mathematics National Conference, 4(1), 68–74.

NCTM. (2000). Principles and Standard for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Niarti, N., Azmi, S., Turmuzi, M., & Hayati, L. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE (Connecting – Organizing – Reflecting – Extending) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Siswa Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 297–305.

Noor, N. M., Purwosetiyono, F. X. D., Wardani, B., & Muhtarom. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1), 136–148.

Nurbaiti, S. I., Irawati, R., & Lichteria, R. P. (2016). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1001–1010.

Oktavia, R., Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2022). Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Artikel Jurnal Nasional. Prosiding Galuh Mathematics National Conference (GAMMA NC), 53–70.

Putra, A. P. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Intersections, 9(2), 10–15.

Sanda, N., Yuanita, P., & Suanto, E. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 42 Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 325–338.

Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 86–92.

Sawilowsky, S. S. (2009). New Effect Size Rules of Thumb. Journal of Modern Applied Statistical Methods, 8(2), 597–599.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Surahman, Hayati, L., Lu’luilmaknun, U., & Subarinah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Siswa Kelas XI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1482–1489.

Susino, S. A., Destiniar, & Sari, E. F. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53–61.

Turmuzi, M., Wahidaturrahmi, & Kurniawan, E. (2021). Analysis of Students’ Mathematical Communication Ability on Geometry Material. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 50–61.

Umayrah, U., Sripatmi, S., Azmi, S., & Arjudin. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 32–44.

Wati, P. K., & Sipahutar, R. (2024). Pengaplikasian Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. EDUCOFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–20.

Zafitri, P., Arjudin, Primajati, G., & Sripatmi. (2025). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Digital terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Materi Grafik PLDV. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 321–334.

Published
2025-07-19