Implementasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Manipulatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTs

  • Muhammad Renaldy Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Iin Ariyanti Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Soraya Djamilah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Pendekatan Kontekstual, Media Manipulatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media manipulatif lebih tinggi dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan yang berjumlah 190 orang. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan 4 kali pembelajaran serta pretest dan posttest. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan uji N-Gain, uji normalitas, dan uji Mann-Whitney. Hasil analisis deskriptif pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretest sebesar 13,30, rata-rata nilai posttest sebesar 84,10, dan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,82, sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata nilai pretest sebesar 21,63, rata-rata nilai posttest sebesar 69, dan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,62. Analisis inferensial pada uji normalitas diperoleh nilai significance pada kelas eksperimen sebesar 0,019, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,088. Karena salah satu nilai significance < 0,05, maka data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan Uji Mann-Whitney diperoleh sig (one tailed) sebesar 0,0005 < 0,05. Dengan demikian H1 diterima artinya peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan media manipulatif lebih tinggi dibandingkan metode pembelajaran konvensional.

References

Amelia, E., Nichla, S. C. A., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 542–548.

Andesta, D. B., & Baiti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar IPA Integratif Berbasis Pendekatan Kontekstual. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 184–197.

Anisa, & Nisak, K. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa terhadap Bilangan Berpangkat Khoirun Nisak Universitas Nahdlatul Ulama Pasuruan. Student Research Journal, 1(6), 273–286. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i6.847

Arifudin, Sri Untari, & Arafik Burhan. (2024). Membangun Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. Esensi Pendidikan Inspiratif, 6(2), 216–222.

Ariyanti, I. (2019). Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Melalui Pendekatan Hands-On Activity Ditinjau Kemampuan Pemahaman Matematis Awal (Student’s Mathematical Creative Thinking Ability Through Hands-On Activity Approach From Aspect of Initial Mathematical Ability). THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 2656–7172.

Ariyanti, I., & Husni, M. (2019). Pelatihan Penggunaan Alat Peraga Blok Aljabar bagi Guru Matematika SMP Se-Kabupaten Banjar. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter , 2(2), 89–99.

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940

Aura, Y., Masnur, S., Joner, A. Z., Mita, H., & Yeni, L. S. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 2(3), 301–308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272.

Budi, S. B., & Qohar, A. (2021). Pengembangan Media Putaran Peluang pada Materi Peluang Kelas VIII. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(3), 505–512. https://doi.org/10.28926/briliant

Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131

Dianty, M. Al, Bambang, S., Daawia, Mohzana, Suprapto, A., Agustini, P. ni, Erlyn, P., Buan, C. H. F., Mataram, A. K., & Achmad. (2024). Penerbit Yayasan Cendikia Mulia Mandiri (T. P. Cahyono, Ed.).

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemahaman matematik Siswa SMP. Jurnal silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 1–7.

Djamilah, S., & Nurmeidina, R. (2024). Pengembangan LKPD Kurikulum Merdeka Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perbandingan. Aritmatika, 5(2), 1–19.

Fauziyah, P., Maulana, M., & Jayadinata, A. K. (2017). Pengaruh Penggunaan Media “Segar” dan Permainan “Basis” Pada Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 911–920.

Fitriani, F., Mariyam, M., & Wahyuni, R. (2023). Pemahaman Konsep Matematis dan Self-Confidence Siswa dalam Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs). JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 12–23. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.6047

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.

Kusnadi, F. N., Karlina Rachmawati, T., & Sugilar, H. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 170–178. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5140

Lubis, M. S. (2024). Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Siswa Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sibolga. FARABI Jural Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1–8.

Nisa, L. C., Isrok’atun, & Malik, M. A. (2024). Optimasi Keterampilan Pembelajaran (Dr. Adi Wijayanto, Miftahur Rahman, Dr. Moh. Arif, Dian Armada Pradana, & Fita Nelyza, Eds.). www.akademiapustaka.com

Nurdiyana, R. A., Pujiastuti, H., & Anriani, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2735–2748. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1583

Nurul, H. S., & Hendra, S. V. (2020). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(1), 7–11.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Rahayuningsih, S., & Octavianti, C. T. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kombinatorik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Saputra, H. (2024). Perkembangan Berpikir Matematis Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JEMARI: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 6(2).

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 51–58.

Sarumaha, A. (2021). Meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan kontekstual di smp negeri 1 telukdalam. Jurnal Education and Development, 9(2), 611–615.

Sucahyo, I. R., Ai, K., Syaifudin, M., Nur ’aini, E. P., Ayu, M. R., Ardianto, R. B., Isnaini, K., Fatmawati, A. A., Rahma, N., & Insani, N. (2024). Penerapan Media Manipulatif dalam Pengajaran Matematika untuk Mendukung Pendidikan Berkualitas pada MI Anbaul Ulum, Pakis Malang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 47287–47289.

Sukarelawa, M. I. M., Toni, K. M. P. S., Suci, M., & Ayu, S. K. M. P. H. (2024). N-Gain vs Stacking.

Sunaryo, Y., & Fatimah, A. T. (2018). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran scaffolding. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 87–96.

Syaikhu, A. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Upaya Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. As-Sunniyyah, 3(01), 26–31.

Tusdia, H., & Rosyana, T. (2021). Penerapan pendekatan kontekstual sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa smp kelas vii pada materi aritmetika sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1347–1356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1347-1356

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan (Uji Homogenitas dan Uji. Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62.

Widyaningrum, I., Susanti, N., & Hanalisa, R. (2018). Pembelajaran Connected Mathematic Project Pada Materi Peluang Menggunakan Alat Peraga Dalang Pelangi. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(2), 89–96.

Wulandari, C. H., & Wijaya, H. (2023). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Peserta Didik Kelas VII A MTs Negeri 14 Ciamis. ALINEA Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 3(3), 555–567. http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea

Zulkarnain, I., & Djamilah, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 105–117.

Published
2025-09-22