Efektivitas Model PMRI Berbantuan Media BEBDA Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD
Abstract
Kurangnya inovasi dalam penggunaan model dan media dalam pembelajaran matematika mengakibatkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD 7 Gondosari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PMRI berbantuan Media BEBDA dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD. Penelitian ini dilakukan di SD 7 Gondosari subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dasain one group pretest and posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PMRI berbantuan medi BEBDA cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD 7 Gondosari, hal tersebut ditunjukkan pada hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig. 2-tailed < 0,05) dan nilai n-gain dengan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 0,6073. Jika dikategorikan berdasarkan klasifikasi interpretasi n-gain nilai tersebut berada pada kategori sedang, karena berada pada rentan 0,3 ≥ n-gain ≤0,7. Sementara itu, rata-rata persentase N-Gain sebesar 60,73% juga termasuk dalam kategori cukup efektif, karena berada dalam rentang 56%–75%. Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan model PMRI berbantuan media BEBDA cukup efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD 7 Gondosari.
References
Ahmad, M., Putri, F. A., Hamidah, S., Nuryanah, S., & Amaliyah, F. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. PROCEEDING UMSURABAYA.
Amaliyah, F., Hermawan, J. S., & Sari, D. P. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5482–5490.
Amaliyah, F., & Santoso, D. A. (2022). Sytematic Literatur Review : Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Problem Based Learning Berbantuan Modul. Prosiding Seminar Nasional Seminar Nasional Dies Natalis UMK Ke-42, 188–195.
Amaliyah, F., Sukestiyarno, Y. L., & Asikin, M. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Self Directed Learning Berbantuan Modul pada Wacana Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2(1), 626–632.
Cahyana, N., Rustiani, S., Djafar, S., & Nurdin, N. (2024). Literature Review: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Geogebra. Journal of Education Research, 5(4), 4391–4399. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1574%0Ahttps://jer.or.id/index.php/jer/article/download/1574/865
Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2020). Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–9.
Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Sumber & Media Pembelajaran di SD. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangan Media Animaker Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas Iv Sd Ump. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608
Fitriyana, E. V., Zaenuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Systematic Literatur Review: Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penddidikan Matematika Realistik Indonesia. JURNAL E-DuMath, 9(1), 20–28. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1937
Hairun, R. A. F., Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2024). Penerapan Model Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 734–741. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5549
Hanggara, Y., Aisyah, S. H., & Amelia, F. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 189–201. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4490
Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Nengtias, S., Nabila, N. K., & Zuliana, E. (2025). Implementasi PMRI Media Tangram Berbantuan Permainan Roda Putar Materi Bangun Datar Kelas II SD Demangan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9, 195–202.
Nindyakomalig, R., Gusmania, Y., & Husna, A. (2019). Efektivitas Pendekatan PMRI terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMKIT Darussalam Boarding School. Pythagoras, 8(1), 23–31.
Ningrum, P. A., & Rohim, A. (2023). Pengembangan E- Modul Interaktif Berbasis Canva Dengan Pendekatan PMRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(02), 41–50. https://doi.org/10.52166/wp.v5i02.5629
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Riswari, L. A., Septiana, E., & Saidah, R. A. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas I Sd Materi Penjumlahan Dan Pengurangan. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 5(1), 11. https://doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8779
Sari, M., Mukmin, B. A., Setya, A., & Putra, G. (2025). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Gabungan Bangun Datar pada Peserta Didik Kelas V. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(2), 562–572.
Satuti, H. W. D., Fajriyah, K., & Damayani, A. T. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tahapan Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 2 Sumberagung. Wawasan Pendidikan, 3(2), 595–608. https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12299
Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. Prisma, 9(2), 128. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958
Simbolon, S., Sapri, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahaya.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605
Utami, W. W., Lestari, N. D., & Sunedi. (2025). Pengaruh Model PMRI Berbasis Numerasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10, 1328–1337.
Wahab, A., Kusuma, Y. S., Juandi, D., Turmudi, T., Buhaerah, B., & Syaiful, S. (2024). Understanding Students’ Struggles in Solving Mathematical Problems: A Systematic Literature Review Using Polya’s Framework. Jurnal Pendidikan Progresif, 14(3), 1728-1753.
Zanuba Rohmah, D., Riswari, L. A., & Amaliyah, F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SILAW Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.5141