Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Berbantuan Media Quizizz
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran matematika di kelas VII-K SMPN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan di setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 43 orang peserta didik kelas VII-K. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi aktivitas belajar peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik dalam aktivitas maupun hasil belajar peserta didik di setiap siklus. Secara klasikal, ketuntasan hasil belajar mencapai 55,81% dengan rata-rata nilai 75,76 pada siklus I dan meningkat menjadi 88,37% dengan rata-rata 88,63 pada siklus II. Persentase aktivitas belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, dari 74% (kategori baik) di siklus I dan menjadi 85% (kategori sangat baik) di siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan model Problem Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) dinyatakan berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, karena telah memenuhi indikator keberhasilan, yakni aktivitas minimal berkategori baik dan tingkat ketuntasan minimal mencapai 75%.
References
Hadi, Y. S., Yani, A., & Setiadi, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) dengan Pola Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 455–459. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5487
Haetami, H. Al, Hikmah, N., Junaidi, & Sarjana, K. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMPN 1 Aikmel Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Mandalika Mathematics and Education Journal, 6(2), 571–584. https://doi.org/10.29303/jm.v6i2.7808
Hidayah, K. A., Pratiwi, D. E., Nimas, H., & Hastungkoro, H. N. A. (2024). Penerapan Model PBL Melalui Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya , Indonesia SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(5), 94–102. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i5.1187
Husnaidah, M., Hrp, M. S., & Sofiyah, K. (2024). Konsep Dasar Matematika Fondasi untuk Berpikir Logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 41–47. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jimt/article/view/6755/7730
Landong, Ahmad. (2023). Penelitian Sekolah Dasar: Teori, Jenis, dan Contohnya. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Misbakh, A. F., Suhartono, & Abdullah, I. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( CRT ) Berbantuan Quizizz Paper Mode pada Materi Eksponen Kelas X di SMAN 21 Surabaya. Pentagon: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(3), 127–135. https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i3.235
Mutiaratri, R. L., Wijayanti, T. S., & Merta, I. W. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( CRT ) di Kelas X-B SMA 1 Labuapi Tahun Ajaran 2023 / 2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 199–204. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1821 pembelajaran
Rahayu, M. D., Zuhri, M. S., Ariyanto, L., & Wibawa, A. (2025). Model Pembelajaran Problem Based Learning BBerbantuan Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 198–205. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/proximal.v8i1.4433
Rochaminah, S., Baid, N., & Lantang, N. D. J. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika, Sains, Dan Teknologi, 12(2), 149–156. https://doi.org/10.37905/euler.v12i2.27409
Sari, R. K., Deswita, Y., Prihatnani, E., & Parhusip, H. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Culturally Responsive Teaching dengan Metode Make A Match di SMP Negeri 4 Salatiga. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(6), 240–253. journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner
Srifatun, I., Andelia, K., Setianingsih, R., & Jannah, F. (2024). Penerapan Problem-Based Learning dan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Materi Segi Empat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(2), 1522–1531. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3242
Umayrah, Sadri, S., & Azmi, S. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching ( CRT ) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII F SMPN 6 Mataram Tahun Ajaran 2023 / 2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10, 73–83. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3081
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821