Pemahaman Siswa Kelas VIII SMPN 2 Labuapi Pada Materi Relasi dan Fungsi Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori pemahaman siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi pada materi relasi dan fungsi tahun pelajaran 2019/2020 ditinjau dari empat jenis pemahaman Polya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang pada kelas VIII D. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Tes diberikan untuk mengukur pemahaman yang dimiliki siswa terhadap materi relasi dan fungsi yang terdiri dari tujuh soal dan dikerjakan dalam waktu 60 menit. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian menunjukkan bahwa kategori pemahaman siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari empat jenis pemahaman Polya yaitu pemahaman mekanikal, induktif, rasional dan intuitif berkategori sangat rendah dan untuk hubungan antara tiap jenis pemahaman rata-rata memiliki hubungan kuat.References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Depdiknas. (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2013 Tentang Standar Isi. BSNP.
NCTM. (1989). Curiculum and Evaluation Standarsds for school Mathematics. NCTM.
Nurkencana, Wayan Sunarta, S. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Usaha Nasional.
Partowisastro, K. (1983). Dinamika dalam Psikologi Pendidikan (1st ed.). Erlangga.
Polya, G. (1973). How to Solve It. Princeton University Press.
Porwadaminta. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Priyanto, A., & dkk. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa Unirversitas Jember, 1(1), 1–5.
Purwanto. (1994). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Pendidikan. Remaja Rosda Karya.
Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya.
Yusniati, Y., Halini, H., & Sayu, S. (2018). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Fungsi di Kelas XI SMK Negeri 1 Sadaniang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1–8.