Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SDN 43 Ampenan Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen jenis one group pre-test post-test design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 45 orang. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test, kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan hasil belajar siswa setelah diterapkan model PBL, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, terutama dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan.
References
Bloom, B. S. (2017). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Longmans Green.
Choirin. (2023). Penerapan Problem Based Learning pada materi bangun datar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Songgokerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(3), 51–60. https://doi.org/10.53889/jptwh.v2i3.479
Husna, A., Suntari, Y., Ratnawati, I., Rahmawati, E., & Putri, R. A. (2023). Pendekatan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi luas daerah dan keliling bangun datar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 101–112. https://doi.org/10.26858/pedadidaktika.v10i2.4892
Ikwahni, I. C. S. A., Faiz, A., & Nurkholis, P. (2023). Peningkatan kemampuan pengetahuan bangun datar melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 3 Sukarapih Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2968–2979. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.420
Islam, S. M. P. (2022). Penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 37–49. https://doi.org/10.35806/jipm.v3i1.467
Mursalin. (2016). Strategi pembelajaran matematika sekolah dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Mustamiin. (2022). Penerapan pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi keliling dan luas bangun datar SDN 01 Terong Tawah. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pendidikan, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.47080/visionary.v7i1.173
Putra, M. L. D., Suntari, Y., Diar, N., Ratnawati, I., & Adella. (2023). Meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam materi bangun kubus melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 396–402. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.5624
Situmorang, M. (2016). Pembelajaran matematika sekolah dasar. Perdana Publishing.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wiyoko, T., Avana, N., & Setyaningtyas, E. W. (2022). Penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 13(1), 83–92. https://doi.org/10.25134/jp.v13i1.5248
Yenni. (2017). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 113–120. https://doi.org/10.21009/jpd.v8i2.749
Zuyyina Khaerawati, N., Pitri, N., Juliani, R., Katari, O. A., Sukaesi, & Bilal, A. I. (2023). Penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran materi bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 1 Labuapi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 180–190. https://doi.org/10.31932/pendas.v9i3.2735