Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Memotivasi Literasi Menulis Siswa MTsN 1 Mataram

  • Alfian Eka Utama Unw Mataram
  • Marhani Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Rio Satriyantara Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Dara Puspita Anggraeni Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Irma Risvana Dewi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
Keywords: Karya Tulis Ilmiah, Literasi

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan, pemahaman serta pengalaman untuk meningkatkan motivasi peserta didik tentang penulisan karya tulis ilmiah, karena selama ini di MTsN 1 Mataram hanya sekedar melakukan pendampingan pada saat kompetensi karya tulis ilmiah saja. Karya tulis ilmiah yang merupakan salah satu literasi menulis peserta didik merupakan keterampilan yang sangat penting diera saat ini, sehingga kampuan tersebut perlu dimiliki oleh peserta didik guna menunjang pendidikan di sekolah maupun ketika nanti melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Kegiatan pelatihan ini meliputi penjelasan materi tentang kaidah-kaidah penulisan karya tulis ilmiah, cara memunculkan ide kreatif kedalam sebuah tulisan serta cara mencari sumber tulisan yang baik untuk karya tulis ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh 45 peserta didik dari kelas VII, VIII, dan IX MTsN 1 Mataram. Metode kegiatan ini ada tiga yaitu pra pelatihan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi pelatihan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan cukup memotivasi dan meningkatkan keterampilan siswa untuk menulis karya ilmiah.

References

Agustina, A., Syahrul, R., Pramesti, U. D., & Rasyid, Y. (2019). Pelatihan Penelusuran Informasi Elektronik dalam Peningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa SMPN. Jurnal Penerapan IPTEKS, 1(1), 65-75.

Casmudi dan Ryan, A.P. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja bagi Siswa/i SMA Sederajat di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara. Abdimas Universal. 1(1), 1 – 5.

Dewi, I.L.K., Anggita, dan Setiyani, M. (2020). Pelatihan Aplikasi Schoology sebagai Upaya Menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh di SMK Samudra Nusantara. Jurnal Minda Baharu, 4(2),122 – 130.

Dewi, T. M. (2021). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah untuk memotivasi literasi menulis siswa madrasah aliyah negeri (MAN) Karimun. Minda Baharu, 5(1), 70-76.

Dwijayanti, R., Marlena, N., dan Patrikha, F.D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang . Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249 – 266.

Heriyudananta, M. (2021). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47-55.

Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1-6.

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah (KTI) bagi guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal Abdi: Media pengabdian kepada masyarakat, 2(2), 45-50.

Nugroho, G., Marzuqi, A. M., & Hidayah, A. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Kti) Pada Siswa Sma Al-

Muayyad Surakarta. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 221-226.

Pohan, A.E. (2017). Program Pelatihan Basic of English terhadap Anak-Anak Siswa Sekolah Dasar di SDN 004 Sagulung. Jurnal Minda Baharu, 1(2), 7 – 14.

Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya tulis ilmiah bagi mahasiswa stkip andi matappa kabupaten pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39-43.

Sinambela, B. T. S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 19 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sudibjo, N., Pramono, R., dan Harsanti, HG.R. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa SMA Melalui Program Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Sinergitas PKM dan CSR., 3(1), 79 – 85.

Syaputra, J., Damaianti, V., & Sastromiharjo, A. (2022). Menulis Karya Ilmiah dan Literasi Publikasi Guru di Manokwari. Buletin Edukasi Indonesia, 1(02), 30-38.

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan literasi membaca dan menulis dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 67-80.

Published
2023-11-30