Program Kampus Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SDN 19 Ampenan

  • Najela Dekantari Universitas Mataram
Keywords: Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi, Literacy, Numeracy

Abstract

Salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah Program Kampus Mengajar, yang bertujuan untuk membantu pendidikan di sekolah dasar di berbagai Desa dan Kota, salah satunya adalah di SDN 19 Ampenan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada program ini, mahasiswa bertanggung jawab untuk membantu sekolah dalam proses mengajar, administrasi, adaptasi teknologi, dan pelaksanaan program mitigasi iklim. Selain itu, mahasiswa juga bertanggung jawab untuk meningkatkan moral siswa dan meningkatkan minat siswa untuk belajar. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan kepekaan sosial mahasiswa untuk membantu masyarakat sekitar, peningkatan keterampilan berpikir mahasiswa dalam bekerja sama dengan guru dari berbagai bidang ilmu dalam menyelesaikan masalah, dan pengembangan wawasan, karakter, dan keterampilan soft skills. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut, tujuan dari program Kampus Mengajar akan tercapai.

References

Daroin, D. A., Santoso, O. V. K, Pranidia, D. M. A., & Halimah, L. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN 2 Gombang Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38-49.

Fatonah, K., Alfian, & Lestari, S. (2021). Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta Nurani Jakarta. Jurnal Sekolah, 5(4), 194–205.

Kemdikbud. (2020). Literasi dan Numerasi Adalah Kompetensi yang Bersifat Mendasar. https://gtkdikdas.kemdikbud.go.id/read-news/literasi-dan-numerasi-adalahkompetensi-yang-bersifat-mendasar.

Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512

Rachman, B. A., Fidaus, F. S., Mufidah, N. L., & Sadiyah, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541.

Rismauli, I., Munte, B., Jufri, & Gustianawati. (2022). Program Kampus Mengajar untuk Menigkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SD 014 Kampung Baru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 201-206.

Sephia, Madini. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Literasi dan Numerasi SMP Dharma Wanita 9 Taman. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 42-48.

Published
2023-12-15
Section
Articles