MELATI (Melek TI): Pelatihan Microsoft Office untuk Meningkatkan Keterampilan Digital Guru di SD-SMP Satu Atap 4 Gunungsari

  • Wirda Hasanah Universitas Mataram
  • Elpa Nispita Sari Universitas Mataram
  • Arini Fatma Rahmayanti Universitas Mataram
  • Ida Ayu Nindya Sari Universitas Mataram
  • Irma Husnantia Putri Universitas Mataram
  • I Wayan Gunada Universitas Mataram
  • Widuri Permata Anggarbini Rayes SD-SMP Satu Atap 4 Gunungsari
Keywords: Campus Teaching, Microsoft Office Training, Digital Skills

Abstract

The Kampus Mengajar program, a key component of the Merdeka Belajar Kampus Merdeka initiative, aims to develop students' character and skills across various fields. This study focuses on assessing the impact of student participation in assisting teachers at SD-SMP Negeri Satu Atap 4 Gunungsari with technology adaptation, especially during the pandemic. The methodology employed is training, emphasizing technological adaptation. Observations and interviews revealed that students significantly aid in enhancing technology usage and understanding among teachers, positively impacting school learning and administration. This research highlights that student involvement helps overcome technology-related challenges faced by teachers, offering practical solutions and new experiences for both parties

References

Arumsari, W., Cahyani, A. T., Monica, A., Sabila, N. H., Zhafirah, H., Septianingsih, E. N. A., & Budi, S. I. K. S. (2022). Peningkatan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi Sekolah dan Softskill dalam Program Kampus Mengajar di SD Negeri Polaman, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 5(1), 18. https://doi.org/10.26714/jsm.5.1.2022.18-25

Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84

Haq, F. A. S. N., & Asmar, K. (2022). Pelatihan Penggunaan Microsoft Word dalam Membuat Media Pembelajaran. JMS: Jurnal Masyarakat Siber, 1(1), 27–32. https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jms/index

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(2), 34–41. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi dan Media Pembelajaran Bbagi Siswa Sekolah Dasar di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Irmeilyana, I., Ngudiantoro, N., Ngudiantoro, N., Maiyanti, S. I., Maiyanti, S. I., Setiawan, A., & Setiawan, A. (2022). Pemanfaatan Gawai pada Adaptasi Teknologi untuk Media Pembelajaran bagi Guru SDN 9 Tanjung Batu di Desa Limbang Jaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Vokasi, 6(1), 16. https://doi.org/10.30811/vokasi.v6i1.2448

Kustandi, C., & Ibrahim, N. (2021). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Elektronik bagi Guru di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Literasi Digital. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 415–422. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16233

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747

Novitasari, A. T., Sari, I. P., & Miftah, Z. (2020). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 66–73. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1848

Padeli, Ramadhan, G. K. H., & Aprilyani, U. T. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Siswa Berbasis WEB pada SMK Al-Husna Kota Tangerang. Technomedia Journal (TMJ), 4(2).

Putri, M. K., & Yermiandhoko, Y. (2022). Strategi Pemanfaatan dan Efektifitas Platform Digital Microsoft Office 365 sebagai Model Pembelajaran Interaktif di Masa Pandemi Covid19 di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1150–1159. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47034%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47034/39427

Rahayu, E., Sinaga, T. H., Dewi, A. R., Dalimunthe, Y., & Kurniawan, F. A. (2021). Sosialisasi Pengolahan Tabulasi Data Administrasi Perkantoran menggunakan Aplikasi Microsoft Excel pada Perangkat Desa Sei Mencirim. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 10(1), 111–116.

Rohimat, S. (2021). Pemanfaatan Slide Master Power Point untuk Pembelajaran Kimia pada Materi Penerapan Laju Reaksi. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i1.286

Satriawati, Denggo, D. C. R., Malingong, R., & Damayanti, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Melalui Media Kartu Baca Dalam Program Kampus Mengajar Di Sdn Pagandongan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2387–2393. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19207

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Sinaga, Y. I., Pakpahan, C., & Pardede, S. D. (2023). Penguatan Literasi Numerasi dan Teknologi di SDN 21 Bathin Solapan Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.25078/sevanam.v2i1.1904

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Ushud, A. A. A. (2023). Pelatihan Microsoft Excel Tingkat Lanjut Karyawan PT. Nutrisi Juara Asia. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 86–94. https://jurnaldrpm.budiluhur.ac.id/index.php/Kresna/

Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.131

Widianto, E., Husna, A. A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., & Cahyani, S. A. I. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707
Published
2023-12-19
Section
Articles