Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Kreatif Berbasis Lingkungan pada Pembelajaran Materi Bilangan Bagi Guru-Guru SD Gugus IV Kecamatan Sekarbela
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif dengan menggunakan bahan lingkungan sekitar bagi guru-guru SD Gugus IV Kecamatan Sekarbela. Kegiatan ini perlu dilakukan mengingat banyak para guru yang kesulitan membuat dan menggunakan alat peraga yang sesuai dalam pembelajaran matematika. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah a) mendeskripsikan pengetahuan para guru tentang alat peraga serta penggunaannya, b) memberikan gambaran tentang bermacam-macam bahan yang dapat digunakan untuk membuat alat peraga dalam pembelajaran materi bilangan, c) memberikan pelatihan tentang cara pembuatan dan penggunaan alat peraga dengan memanfaatkan lingkungan sekitar yang digunakan dalam pembelajaran materi bilangan bulat, dan (d) untuk mengetahui respon para guru terhadap kegiatan pengabdian yang dilakukan. Metode yang digunakan adalah berupa ceramah, demonstrasi, pemberian tes (pretest dan postest), dan pemberian angket. Dari hasil kegiatan, didapatkan data tentang nilai rata-rata hasil pretest dan posttest berturut-turut yaitu 67,3 dan 81,0. Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil test sebesar 13,7 Sedangkan data tentang respon peserta pengabdian adalah semua peserta pengabdian merasakan manfaat setelah mengikuti kegiatan pengabdian, para peserta mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan tentang cara membuat dan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh para peserta diharapkan dapat diterapkan dan disebarluaskan pada teman-teman sejawatnya dalam rangka menunjang profesionalisme dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
References
Azmi, S., Sripatmi, S., Subarinah, S., Amrullah, A., & Turmuzi, M. (2019). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru-Guru Sd Gugus Ii Ampenan Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4). https://doi.org/10.29303/jppm.v2i4.1495
Kusuma, A. C., Sulistyani, A. M., & Trisnawati, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Membuat Alat Peraga Matematika Pada Mahasiswa Prodi PGSD Universitas Peradaban. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 715–722. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4128
Muchlis, E. E., Rahimah, D., & Maizora, S. (2015). PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA MATEMATIKA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI KOTA BENGKULU. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 13(2), 167–173.
Musa, Lisa, 2018. Alat Peraga Matematika. Makassar : Aksara Timur
Pujiati. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran
Matematika SD. Makalah tidak dipublikasikan. Yogyakarta: PPPPTK
Matematika
Ristanto, 2016. https://ristantocreative.wordpress.com/articles-2/articles/. April 2016
Safrida, Ana. 2014. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Diambil dari: http://anasafrida.blogspot.co.id/2014/11/media-dan-alat-peraga-dalam_15.html. April 2016
Subarinah, S., Hayati, L., Amrullah, A., Prayitno, S., & Junaidi, J. (2020). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Untuk Membelajarkan Konsep dan Operasi Bilangan Bulat Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Gugus IV Cakranegara. Jurnal PEPADU, 1(2), 191–197. https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i2.96
SUGIYONO, 2016. Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Diambil dari: https://utamiari191.wordpress.com/media-pembelajaran-matematika/alat-peraga-dalam-pembelajaran-matematika/. APRIL 2016.
Suherman, Erman. Dkk. 2003. Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontomporer. Bandung : JICA – Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukayati dan Suharjana, A. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika
Dalam Pembelajaran Di SD. Modul Matematika SD Program BERMUTU. Depdiknas PPPPTK : Yogyakarta
Triantina, S. A. 2012. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Diambil dari http://riantinas.blogspot.co.id/2012/06/penggunaan-alat-peraga-dalam.html. April 2016
Copyright (c) 2024 Syahrul Azmi, Harry Soepriyanto, Arjudin Arjudin, Nourma Pramestie Wulandari, Nilza Humaira Salsabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.