Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membuat Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wondershare Filmora Di Sekolah Penggerak

  • Ahmad Junaedi Universitas Sulawesi Barat
  • Musdar Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Aplikasi Wondershare Filmora, Video Pembelajaran, Sekolah Penggerak

Abstract

Program Sekolah Penggerak adalah terobosan pemerintah untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia untuk mewujudkan Indonesia maju, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi dan karakter.

Hanya saja, dalam implementasinya, khususnya pada jenjang PAUD masih mengalami banyak tantangan. Yang paling mendesak untuk segera di intervensi adalah peningkatan kompetensi guru dalam menguasai teknologi informasi yang berhubungan dengan media pembelajaran inovatif maupun pendukung lainnya seperti pembuatan video aksi nyata guru dalam PMM (Platform Merdeka Mengajar).

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kompetensi guru-guru di sekolah tersebut dapat meningkat terkhusus dalam pembuatan video pembelajaran inovatif dan dapat segera mengimbaskan ke sekolah-sekolah lainnya. Metode yang akan digunakan dalam kegiatan ini adalah diskusi, simulasi dan workshop. Tahap pelaksanaannya meliputi tahap pertama yaitu melakukan observasi lapangan dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru, tahap kedua melakukan analisis kebutuhan, tahap ketiga yaitu pelatihan pembuatan video pembelajaran, dan tahap keempat yaitu simulasi hasil pembuatan video media pembelajaran. Tahap terakhir yakni evaluasi dan refleksi pelaksanaan pelatihan kompetensi guru dalam penggunaan aplikasi Wondershare Filmora.

References

Ariasih, “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bersama Komunitas Guru Belajar Denpasar Berbais Daring”, SINAPTEK, 2020
Bouato, Y., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Yang Diintegrasikan Dengan Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 1(2), 71–79. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i2.7131
Darnawati, “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Kinemaster dan Screencast O Matic”, E-DIMAS, vol.12, no.1, pp. 100-105, Feb. 2021
Firdaus, Salsabila, Hamdu, G. (2020) “Pengembangan Mobile Learning Video Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Di Sekolah Dasar‟, JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), pp. 66–75. Available at: https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p066.
Hermawan, Maris. 2017. Pengembangan Media Video Wondershare Pada Praktik Kayu Pembuatan Kusen Pintu Kelas XI TKK SMKN 2 Trenggalek. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Heru Aliwardhana (2021) “Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Power Point dan Filmora Melalui in House Training‟, AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 4(1), pp. 22–43. Available at: https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.109.
Ikbar. (2022). Penggunaan aplikasi wondershare filmora untuk meningkatkan hasil belajar pkn santri kelas vii pptq jami’ul qurra’ bajeng barat kabupaten gowa (issue 8.5.2017, pp. 2003–2005).
Mustamiroh, M. and Ramadhayanti, F. (2021) „Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Software Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran IPA Di SD‟, Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), pp. 186–192. Available at: https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514.
Ratna, yulianti. (2018) Pengembangan Media Video pembelajaran Untuk siswa Kelas X Pada Kompetensi Membuat Garnish Sayuran di SMKN 6 Yogyakarta. Skripsi Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Ratri, Arum Andary, Inno Cahyaning Tyas, and Muhammad Hilmy. 2022. “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Filmora Dalam Rangka Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Menuju Implementasi Kurikulum Merdeka Di KKG Guru SD Singojuruh Banyuwangi.” Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia 2 (6): 1657–64. https://doi.org/10.54082/jamsi.495.
Sugiyono. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantu Wondershare Filmora Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Kompetensi Guru dan Menulis Deskripsi Siswa Kelas 3metode. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Syahdan, S., Herlinawati, H., and Marwa, M. 2021. ‘Learning Media and Strategies Used by English Students in Practice Teaching during the Pandemic’, ETERNAL (English Teaching Journal), 12(2), 107–16, https://doi.org/10.26877/eternal.v12i2.9295
Tea, Fama Gala, Syarifuddin Syarifuddin, and Adhitya Rol Asmi. (2022). “Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Software Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Sejarah.” Akademika 11 (02): 255–68. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2006.
Yulia Anggraeni. (2021). “Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Software Wondershare Filmora Pada Mata Pelajaran Matematika.” http://journal.iaialmawar.ac.id/index.php/jtpm/article/view/296
Published
2025-05-31
Section
Articles