Edukasi Anggota Tubuh untuk Membangun Perlindungan Diri pada Anak di Gampong Meunasah Baro Aceh Besar

  • Asih Winarty Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Abulyatama, Aceh Besar
  • Intan Munawarah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Abulyatama, Aceh Besar
  • Syarifah Rahmiza Muzana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Abulyatama, Aceh Besar
  • Muhammad Riski Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP, Universitas Abulyatama, Aceh Besar
Keywords: Anggota tubuh; Perlindungan diri; Pendidikan seks; Self-awareness

Abstract

Saat ini, jumlah kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak di bawah umur sangat memprihatinkan. Anak dianggap lemah dan tidak berdaya, yang membuat mereka rentan terhadap pelecehan seksual. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kita tentang tubuh dan identitas anak. Pengabdian dengan judul "Edukasi Anggota Tubuh untuk Membangun Perlindungan Diri pada Anak" membantu anak-anak belajar tentang tubuh mereka dan menjadi lebih sadar diri. Anak-anak sekolah dasar dari Gampong Meunasah Baro Aceh Besar, total 20 orang, terlibat dalam pengabdian ini. Bagian tubuh, area sentuhan aman, jenis sentuhan, dan metode melindungi diri adalah subjek pengabdian Sebelum pengabdian, anak-anak diberikan tes pre-test untuk mengetahui pengetahuan anak dan mengetahui seberapa efektif hasilnya. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa anak-anak belajar lebih banyak tentang tubuh mereka, bagaimana menjaga diri mereka sendiri, dan tentang perasaan aman dan tidak aman.

References

Al Irsyadi, F.Y., & Nugroho, Y.S. 2015. Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Informatika. Kudus: Universitas Murna Kudus. ISBN: 978- 602-1180-21-1.

Choruddin,M. (2008): Urgensi pendidikan seks sejak dini dalam belenggu kekerasan seksual terhadap anak (sebuah upaya preventif dan protektif). Jurnal insania.13

Kallen, D.J; Stephenson,J.J & Doghty, A. (1983): The need to know: Recalled Adolescent Sources of Sexual and contraceptives information and sexual behavior. Journal of sex research

Maslihah, Sri (2006): kekerasan terhadap anak: model transisional dan dampak jangka panjang. Edukid: jurnal pendidikan anak usia dini. I (1). 25-33

Notoatmodjo, S.(2007): Kesehatan Mayarakat, Ilmu dan seni. Jakarta: Rineka Cipta

Noviana, I. (2015): kekerasan seksual terhadap anak: dampak dan penanganannya. Jakarta: Pusat penelitian dan pengembangan kesejahteraan sosial, kemeterian sosial republic

Paramnastri,Ira. (2010): child sexual abuse: consequenses an implication, Jurnal Psikologi early prevention toward sexual abuse on children. Hornor, Gail. 2010 https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmfh/article/view/1821

Sularsih, P., Purba, D.C., & Senjaya, R. (2013). Aplikasi Pengenalan Anatomi Manusia Untuk Anakanak Menggunakan Android 2.2. UG jurnal Vol.7 No. 2, pp 1-4

Supriyono, H., Rahmadzani, R. F., Adhantoro M. S., & Susilo A. K. (2016). Rancang bangun media pembelajaran dan game edukatif pengenalan aksara jawa “pandawa”. Prosiding The 4 th University Research Colloquium 2016. ISSN: 2407-9189, 1-12.

Suryadi, Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: EDSA Mahkota, 2007.

Yonada Nancy, “Mengenal Anggota Tubuh Manusia dan Kegunaannya: KepalaOrgan Dalam”, dalam https://tirto.id/mengenal-anggota-tubuh-manusia- kegunaannya-kepala-organ-dalam-gf4B, diakses tanggal 7 Maret 2022, pukul 22.37

Published
2025-05-28
Section
Articles