Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA

  • Muhammad Diennis Dwi Mustika Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
  • Lula Denanda Putri Mustiayu Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
  • Laelin Fakhriyani Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
  • Khofifah Indra Prawangsa Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
Keywords: STAD, Learning Outcomes, SLR

Abstract

Education is a systematic learning process that aims to develop individual abilities in all aspects of life. One of the important subjects in education is mathematics. To achieve maximum math learning outcomes, an effective and efficient learning model is needed. There are various kinds of math learning models that can be used, such as cooperative learning models, inquiry learning models, and so on. The purpose of this study was to determine the STAD type cooperative learning model and math learning outcomes. The research method used in this study is the SLR (Systematic Literature Review) method. Data collection is done by documenting all articles that have similar research in the research report. The articles used in this study were 20 journal articles and Scopus indexed proceedings using the Publish or Perish application. The results showed that the STAD type cooperative learning model was able to improve student learning outcomes.

References

Arsana, I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xii Mipa 2 Sma Negeri 1 Petang Tahun Pelajaran 2019/2020. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(2), 694-705.

Durrotunisa, E., Septiani, N., & Pambudi, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Wiradesa. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 1, pp. 103-108).

Erdiansyah, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan, 5(1), 38-44.

Giyanti, G (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievment Devision (Stad) Dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, E-Jurnal. Lppmunsera. Org, Http://E-Jurnal.Lppmunsera.Org/Index.Php/Gauss/Article/View/635

Ismiati, Ms (2021). Stad Dengan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Ejournal.Unisbablitar.Ac.Id,

Jayantika, Igant, Noviantari, Ps, Payadnya, Ipaa. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Kartu Domino Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma. Satya Widya, Ejournal.Uksw.Edu,

Jebeg, Dm (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Fungsi Komposisi Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Stad Siswa Sma Negeri 1 Tegallalang. Suluh Pendidikan, Ojs.Ikip-Saraswati.Ac.Id, Https://Ojs.Ikip-Saraswati.Ac.Id/Index.Php/Suluh-Pendidikan/Article/View/114

Nuraeni, Se, Afghohani, A, & Exacta, Ap (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial, Dan Agama, Radenwijaya.Ac.Id,

Purwanti, Cs (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 3 Bantul Tahun Pembelajaran 2012/2014. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, Jurnal.Ustjogja.Ac.Id,

Putri, Uh, Usodo, B, & Kurniawati, I (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Snowball Throwing Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma Negeri Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id,

Rahayu, S (2020). Upaya Eskalasi Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Melalui Implementasi Metode Pembelajaran Stad. Isej: Indonesian Science Education Journal, Siducat.Org,

Rakhmawati, R (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Jurnal.Stkipbjm.Ac.Id, Https://Jurnal.Stkipbjm.Ac.Id/Index.Php/Math/Article/View/23

Rodiah, R (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa 4 Semester Ii Sma Negeri I Bengkalis Tahun Pelajaran 2010/2011 Akademika,

Rustika, Iis (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tentang Menentukan Determinan Matriks 2x2 Dan Sifatnya Menggunakan Kofaktor Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Di Kelas Xii Mia 2 Sma Negeri 1 Ciasem Subang. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang, Ejournal.Unsub.Ac.Id, Https://Ejournal.Unsub.Ac.Id/Index.Php/Fkip/Article/Download/170/152

Sari, Va, Stiyaningsih, A, & Subehi, M (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Mipa 1 Sma Negeri 1 Kajen. Seminat Nasional Pendidikan Matematika, Proceeding.Unikal.Ac.Id,

Sidabutar, C (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievment Team Division (Stad) Di Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 11 Palembang. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, Ejournal.Stkippgri-Sidoarjo.Ac.Id,

Siswadi, S (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Sma Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Kooperatif Tipe Stad. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, Jurnal.Iain-Padangsidimpuan.Ac.Id,

Siwa, Lar, Safitri, I, & Pasaribu, Lh (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 10 Rantauprapat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), Jurnal.Ulb.Ac.Id,

Tampubolon, Tt, & Sitompul, P (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Sipahutar Tahun Ajaran 2021/ 2022 Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, Journal.Ikopin.Ac.Id,

Tias, Dw (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Stad (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas X Sma Darul Ulum Tapen. The Joer: Journal Of Education Research, Pedirresearchinstitute.Or.Id,

Wirasti, K (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Xi Ipa 7 Sma N 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019, Widyadari: Jurnal Pendidikan.

Published
2023-06-30
Section
Articles